post

Inilah Honda Civic Estilo, Mobil Tua dengan Harga Melambung

Honda Civic mungkin lebih identik sebagai mobil sedan empat pintu bagi sebagian orang. Hal ini pun tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa model Honda Civic sedan lebih banyak beredar di Indonesia.
Meski begitu tahun 1990’an awal ada dua jenis Honda Civic yang masuk ke Indonesia. Satu model sedan 4-pintu yang juga dikenal dengan nama Genio, sedangkan model lainnya adalah hatchback 2-pintu yang disebut juga Estilo. Ada yang menarik dari model yang disebut belakangan. Menjadi salah satu dari sedikit mobil dengan dua pintu yang dibawa langsung oleh Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek (APM), Honda Estilo justru digemari masyarakat Indonesia dewasa ini.

Hal ini bisa dilihat pasar mobil bekas. Harga Honda Estilo baru pada tahun 1991-1995 yang ‘hanya’ Rp 61 juta, harga bekasnya melonjak sekitar tiga kali lipat sekarang.
“Bahkan kalu yang masih original semua part-nya (non-modifikasi) harganya bisa mencapai kisaran Rp 200 juta,” kata Dwi Putra Indrawan salah satu orang yang memprakarsai lahirnya Estilo Genio Community Indonesia (EGCI).

Dwi sendiri sempat memiliki dua unit Honda Civic Estilo, keduanya keluaran tahun 1995. Dua mobil yang dia beli di tahun 2008 dan 2012 ini juga dia beli dengan harga yang cukup tinggi –untuk ukuran mobil bekas.
“Yang pertama, yang merah maroon itu saya beli tahun 2008 dan masih dengan komponen original (non-modifikasi) seharga Rp 80 juta. Sementara yang satu lagi, yang kuning, sudah dimodifikasi cukup banyak saya beli tahun 2012, Rp 300 juta,” sebut Dwi.


Bukan hanya harganya yang mahal, Dwi mengaku dia melakukan pencarian selama kurang lebih satu tahun untuk bisa menemukan Honda Civic Estilo dalam kondisi bagus dengan part original.
Memangnya apa istimewanya sih mobil yang satu ini? Ada beberapa alasan. Yang pertama, karena demand yang tinggi sementara produknya tidak banyak di Indonesia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tahun 1990-an awal saat masuk Indonesia, Estilo ditemani oleh ‘kakaknya’ Genio.

Hadir sebagai sedan 4-pintu, Genio lebih digemari saat itu. Bahkan Estilo adalah mobil hatchback dua pintu terakhir yang dibawa secara resmi oleh HPM ke Indonesia. Tidak heran kalau mobil ini menjadi produk yang cukup langka.
Selain itu modelnya yang tidak lekang oleh waktu membuat mobil ini masih nampak ‘relevan’ jika dipakai 23 tahun kemudian seperti saat ini.

Tidak hanya itu mobil ini juga cocok menjadi ‘mobil bahan’. Honda Civic Estilo bisa dikatakan sangat fleksibel untuk ditingkatkan performanya. Estilo yang dipasarkan di Indonesia sedikit berbeda dengan yang dipasarkan di Jepang dan di negara lainnya. Menggunakan mesin berkubikasi 1.600 cc SOHC 16 katup, Honda Esilo di Indonesia belum dilengkapi VTEC untuk menekan harga jual. Meski begitu mesin berkode D16 ini dapat menghasilkan tenaga sampai 120 daya kuda (dk).
Namun demikian mobil yang di luar negeri maupun di negara asalnya lebih dikenal dengan nama Civic EG6 ini dapat ditingkatkan menggunakan mesin versi ‘kencang’nya yaitu keluaran Civic EG6 (seri B16A) yang sudah berteknologi VTEC, mampu menghasilkan tenaga 170 dk. Bahkan jika dirasa masih kurang, banyak juga yang mengaplikasikan mesin B18C type R milik Honda Integra DC2 yang bertenaga 197 dk atau bahkan K20A type R yang merupakan salah satu mesin ‘paling kencang’ Honda dengan tenaga yang disemburkan mencapai 220 dk dalam kondisi standar seperti yang digunakan Dwi pada Estilo kuningnya.
Nah, dengan tenaga yang besar tersebut, Estilo nyatanya punya bobot kosong ‘hanya’ 970 kg. Sehingga mobil ini punya power to weight ratio yang cenderung baik.
“Makanya sekarang banyak yang cari buat drag race,” tambah Dwi.

Dwi juga menambahkan kebanyakan Honda Estilo dengan ragam modifikasi –terutama pada mesin– biasanya dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.
“Soal harga Estilo udah ‘gelap’, gak ada standaranya. Tergantung yang mau jual aja. makanya mereka (pemilik Estilo) berani jual dengan harga mahal, karena demand-nya gede,” terang Dwi.
Dwi juga menyebutkan Estilo sendiri layaknya mobil tua lain perlu perawatan ekstra, sehingga ‘main’ ke bengkel sudah seperti kewajiban. Namun dia menambahkan mengendari mobil seperti ini tentu memberi kebanggan tersendiri.
“Beda kalo naik Estilo jelas lebih dilirik sama oran ketimbang naik Avanza yang harganya di kisaran yang sama,” tutup Dwi.

Sumber : kumparan.com

Pencarian Anda: civic estilo, honda civic estilo, honda estilo, civik estilo, civic estilo modif, mobil honda estilo, mobil honda civic estilo, gambar honda civic lama, harga honda civic lama 2 pintu, estilo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *